KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunia-Nya,sehingga penulis
dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini dengan baik dan lancar.
Proposal ini merupakan bentuk tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan sebagai salah satu penilaianterhadap proses
pembelajaran mata kuliah Manajemen Proyek dan Resiko Jurusan Sistem Komputer Fakultas
Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.
Proposal ini tidak dapat tersususn
dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada pembimbing kewirausahaan bapak Cecep. Semoga
budi baik dan jasa-jasa beliau akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan
Yang Maha Esa.
Meski dalam penyusunan proposal ini,
penulis telah berusaha dengan maksimal, namun penulis masih merasa memiliki
kekurangan dalam proposal ini, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran pembaca
proposal ini. Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat begi penulis pada
khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Bogor,
1 Oktober 2013
Penulis
Iqbal
Hafizh Mukarom
Pendahuluan
Latar belakang
Seiring zaman globalisasi, kita dituntut untuk bisa
mengetahui lebih banyak informasi dan komunikasi dengan lebih cepat dan efisien
serta kebutuhan untuk berkomunikasi kini sangat besar sekali dan ditunjang
dengan teknologi maka informasi dan komunikasi akan lebih mudah kita dapatkan
dan lakukan. Dengan melihat hal tersebut maka demi memenuhi akses informasi dan
komunikasi, kami ingin mendirikan dan mengadakan suatu sarana prasarana
internet atau yang lebih dikenal dengan sebutan warnet.
Usaha warnet adalah salah satu pilihan bisnis yang masih
menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Internet sudah menjadi satu kebutuhan
yang tidak bisa dipungkiri lagi, internet sebagai pilihan terbaik untuk
menunjang semua kebutuhan seperti, bisnis, pekerjaan dan bahkan hobby. Maka
dari itu,bisnis jasa penyedia koneksi internet ( warnet ) akan semakin
dibutuhkan di masa-masa mendatang. Usaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk
didirikan dan dijalankan. Misalnya dengan membeli 10 buah komputer, kemudian
menginstalnya dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang
lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan
tersebut, maka jadilah usaha warnet.
Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang
mempunyai skill tinggi dengan gajiyang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti
tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orangyang berlomba-lomba
mendirikan usaha warnet ini. Jika melewati jalan-jalan besar dan disekitar
jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,
maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Banyak para remaja
sekarang cenderung lebih ingin setengah dari harinya dipakai untuk membuka
internet. Dan yang lebih menarik lagi, banyak dibuka Game Online Center. Dimana
orang-orang dapat bermain game layaknya di video game, tapi juga bisa untuk
kontak sosial dan saling berbagi. Maka dari itu usaha bisnis ini adalah hal
yang paling menjanjikan.
·
Nama Usaha
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “IQ-NeT” yang
bergerak dalam bidang usaha Teknologi dan Informasi dengan mengedepankan Jasa
Warung Internet sebagai salah satu usaha andalan dalam 2 tahun pertama.
·
Lokasi usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah
yang memenuhi syarat sebagai berikut:
Ø Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan
tinggi, Sekolah Menengah Umum dan
Sekolah Menengah Pertama.
Ø Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan
perkantoran.
Ø Lokasi berada di kawasan penduduk.
·
Target usaha
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan mahasiwa
disekitarnya. Mereka adalah menggunakan internet untuk hiburan semata yang
frekwensinya cukup tinggi. Umumnya merekahanya membuka program chatting dan
situs www.facebook.com.
·
Jenis usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya
Manusia (SDM) yang dimiliki adalah:
Ø Warnet & Games Online (konsentrasi pada bulan
pertama)
Ø Service komputer (pada bulan ke-2)
Ø Digital Printing (pada bulan ke-3)
Ø Penjualan Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
ASPEK SDM
Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk usaha warnet ini
antara lain terdiri dari :
Ø Tenaga ahli networking
Ø Marketing : 1 orang
Ø Operator warnet : 2 orang (di bagi sesuai jam kerja
masing-masing)
Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan perlu ditambah bekal
ketrampilan dengan mengikutkan kepelatihan-pelatihan. Agar karyawan betah
bekerja diberi gaji lembur dan asuransi kesehatan jika sakit. Sejak masuk
karyawan sudah menandatangani kontrak perjanjian yang berisi hak dan kewajiban masing-
masing dan termasuk sanksi pelanggaran. Karyawan dapat di berhentikan
sewaktu-waktu jika melanggar kode etik tentang prosedur kewajiban-kewajiban yang di sepakati.
ASPEK
KEUANGAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini terdiri
dari modal tetap sebesar Rp.926.130.000 dan modal kerja sebesar Rp.
12.600.000,. jadi secara keseluruhan modal kerja yang kamibutuhkan adalah
sebesar Rp. 938.730.000,-. Dengan rincian modal sebagai berikut:
Modal Tetap yang diperlukan
Modal Kerja yang Diperlukan
1. Tenaga
Kerja
a.
Gaji Pemilik :Rp.
3.000.000
b.
Tenaga Kerja :Rp.
2.000.000
c.
Tenaga Biasa :
-
Total :Rp. 5.000.000
2. Bahan
Pembantu
a.
Jam dinding :Rp. 50.000
b.
Kulkas :Rp. 1.000.000
c.
Genset :Rp. 5.000.000
Total :Rp. 6.500.000
3. Lain-lain
a.
Bensin Genset :Rp. 50.000
b.
Kebutuhan modal kerja 3 bulan :Rp. 1.500.000
c.
Jumlah modal (tetap & kerja) :Rp. 926.130.000 + Rp. 12.600.000
Total :Rp. 938.730.000
Sedangkan untuk pendapatan perbulannya diperkirakan sebesar Rp. 2.300.000 dengan rincian sebagai
berikut:
Perkiraan Pendapatan Kotor :
Buka
dari jam 07.00 s.d 24.00 = 17
Jam
Sewa
per jam =Rp.
4.000
Perkiraan
sewa per hari = 10
Jam x 4 > = 40 Jam
Perkiraan
Pendapatan Per Hari = 40 x 4000
> =Rp. 160.000
Perkiraan
Pendapatan Per Bulan =Rp. 160.000
x 30> = Rp. 4.800.000
Perkiraan
Pengeluaran :
Listrik
Biaya
telepon & speedy =Rp.
500.000/bulan
Sewa
Gedung/ruko =Rp.
500.000/bulan
Gaji
Operator =Rp.
400.000/bulan
Gaji
OB & Satpam =Rp.
600.000/bulan
=Rp. 2.500.000
Perkiraan
Pendapatan Bersih/Bulan :
Pendapatan Kotor =Rp.
4.800.000
Pengeluaran =Rp.
2.500.000
=Rp. 2.300.000
ASPEK
PRODUKTIVITAS
Biaya produksi yg di gunakan terdiri dari: bahan baku yang
di gunakan (hardware & software),gajiupah,penyusutan,bunga modal pinjaman
dan biaya lain-lain. Total keseluruhan biaya produksi yangdigunkan adalah Rp.
369.960.000,-. Dengan rincian sebagai berikut:
1.
Bahan baku atau pembantu
2. Gajih Upah
a.
Pemimpin/Pemilik : Rp. 3.000.000,-
b.
Tenaga Terampil : Rp. 2.000.000,-
c.
Tenaga Biasa : -
=Rp. 5.000.000,-
3. Penyusutan
a.
Bangunan 10% : Rp. 70.000.000,-
b.
Mesin-mesin : Rp. 15.130.000,-
=Rp. 85.130.000,-
4. Bunga
Modal Pinjaman
a.
Pinjaman Modal Investasi : Rp. 50.000.000,-
b.
Pinjaman Modal Kerja : Rp. 75.000.000,-
c.
Bunga Pinjaman Modal Investasi : Rp.
100.000,- (Rp. 500.000,- 20%/Tahun)
d.
Bunga Pinjaman Modal kerja : Rp. 150.000,- (Rp. 750.000,- x
20%/Tahun)
=Rp. 125.250.000,-
5.
Biaya Lain-lain
a.
Listrik : Rp. 750.000,-
b.
Air :
Rp. 100.000,-
c.
Transportasi : Rp. 500.000,-
d.
Administrasi : Rp. 50.000,-
e.
Pemeliharaan mesin dan gedung : Rp. 1.000.000,-
=Rp. 2.400.000,-
Jumlah
Seluruh biaya produksi Rp. 369.960.000,-
ASPEK
PEMASARAN
Dari segi Aspek pemasaran, terutama yang dituju adalah para
kalangan remaja, warga sekitar dan para pebisnis.
1.
Produk (Product)
Berupa jasa pelayanan internet, Game
Center Online , service computer, pelayanan printing dan penjualan voucer
handphone. Pengguna Terutama yang dituju adalah para remaja, warga sekitar dan
para pebisnis.
2.
Harga (Price)
Harga yang ditawarkan adalah Rp.
4.000,-/jam, jika mendaftar menjadi member denganmembeli kartu member voucher
seharga Rp.50.000,- maka tarifnya menjadi Rp.3.000,-/jamselama dua belas bulan.
Untuk jasa print Rp. 1.000,(warna) dan Rp. 500,(hitam-putih). Layananservice
tergantung pada tingkat kerusakan,dan penjualan voucer hp sesuai harga di
pasaran.
3.
Promosi (Promotion)
Penawaran dilakukan melalui
brosur-brosur, situs jejaringan sosial dan melalui pembicaraan dari mulut ke
mulut. Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain Bekerja
sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer
dan internet.
4.
Tempat (Place)
Tempat dilakukan dengan secara
langsung. Konsumen dapat langsung dapat ketempat ini yang berlokasi di jalan,
dan konsumen dapat langsung dapat menggunakan jasanya
PENUTUP
Demikian proposal yang saya buat, semoga menjadikan
kenyataan untuk saya memiliki usaha sendiri dan semoga juga ini dapat menjadi
langkah turut adil dalam mencerdaskan bangsa Indonesia dan juga dapat memberikan
lowongan pekerjaan yang layak. Kami harap proposal ini dapat meyakinkan bapak
agar menyetujui dan mendanai usaha kami ini. Mohon maaf kami sampaikan jika ada
kata-kata yang salah dan kurang yang tidak berkenaan di hati bapak. Lebih
kurang kami ucapkan terima kasih atas perhatian bapak.
KESIMPULAN
Untuk membuka usaha warnet diperlukan keahlian yang khusus,
kerena tanpa didukung pengetahuan tentang IT akan mempersulit untuk membuka
usaha ini. Dibutuhkan modal usaha yang besar untuk membuka usaha ini, jadi
harus hati-hati mengelola usaha ini Karena salat sedikit saja bias mengalami
kerugian yang tidak sedikit. Maka dari itu diperlukan perencanaan yang tepat
dan baik untuk merintis usaha ini.
SARAN
Perekrutan kariawan juga harus diperhatikan, kariawan harus
berkompeten, ramah, tanggung jawab dan dapat dipercaya. Jangan sampai salah
memilih kariawan, karena banyak kariawan yang melakukan penyelewengan seperti :
tidur saat kerja, mengambil uang sewa warnet dan lain-lain. Lakukanlah
pengecekan setiap hari terhadap kinerja kariawan agar tidak terjdi hal-hal yang
tidak diinginkan seperti kerugian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
buat kawan yang sudah berkomentar saya ucapkan terimakasih banyak ^_^
kesenangan kawan kesenangan saya juga ^_^